• Fenkie

PERLUKAH TANGKI SUMP?

Apa itu Tangki Sump pada Hidroponik?


Tangki sump adalah tangki penampungan air dari hasil sirkulasi sistem hidroponik kita sebelum dipompa kembali ke tanaman atau dipompa ke tangki utama. Dalam sistem hidroponik, kita mengenal ada sistem 1 pompa dan sistem 2 pompa.


Posisi tanaman yang paling nyaman adalah jika tidak perlu lebih tinggi dari permukaan tanah (tingkat), atau satu level dengan tanah(kurang lebih setinggi pinggang manusia) supaya mudah untuk perawatan, pemantauan, dll. Jika ini yang terjadi maka tangki sump dapat diletakkan di dalam tanah agar air dapat masuk ke tangki sump menggunakan gravitasi dan dipompa kembali ke tanaman menggunakan pompa, ini yang disebut sistem 1 pompa.


Penggunaan sump filter di dalam tanah memiliki beberapa keuntungan:

  1. Posisi tanaman yang dapat diletakkan satu level dengan permukaan tanah

  2. Suhu tangki penampungan dapat lebih stabil karena berada di bawah permukaan tanah


Namun, hal ini akan sulit jika lantai tempat berkebun anda adalah lantai keramik atau beton yang tidak mungkin melakukan penggalian atau terlalu mahal jika digali. Jika ini yang terjadi sistem 2 pompa dapat dilakukan. Sistem ini pada dasarnya mengumpulkan air sirkulasi tanaman pada satu tangki yang posisinya diletakkan di lantai, lalu air tersebut dipompa ke tangki penampungan utama yang posisinya biasanya di atas tangki sump tersebut. Tangki utama tersebut adalah tempat memonitor nutrisi dll yang biasanya memiliki ukuran lebih besar dibanding tangki sump di bawahnya.


Sisi negatif dari sistem 2 pompa ini adalah posisi tanaman harus diletakkan lebih tinggi sedikit dari tangki sump tersebut. Resiko kedua adalah jika pompa di tangki sump bermasalah maka ada resiko banjir karena air yang luber pada tangki sump itu. Maka biasanya pada tangki sump tersebut dipasang juga pompa cadangan jika pompa pertama bermasalah. Jika memungkinkan dapat dipasang sistem otomatis pada pompa tersebut di mana jika air di tangki sump penuh maka pompa akan menyala, dan akan mati pada saat air sudah habis.


Manfaat Tangki Sump


Tangki sump memiliki beberapa manfaat diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Adanya sirkulasi di dalam sistem hidroponik. Pada dasarnya tanaman 'tidak' membutuhkan sirkulasi (terkecuali tanaman yang hidup di dalam air), tetapi akar tanaman sangat membutuhkan oksigen, sirkulasi ini memastikan DO (dissolved oxygen/oksigen terlarut) bahkan nutrisi-nutrisi yang tersedia, terdistribusi dengan baik ke dalam sistem secara merata kepada setiap tanaman. Selain itu arus balik air yang kembali ke tangki sump biasanya akan jatuh secara gravitasi yang membuat adanya gemericik air yang mampu meningkatkan kadar DO pada air.

  2. Sebagai tempat tambahan aerator. Tangki sump biasanya dilengkapi dengan beberapa alat tambahan untuk meningkatkan hasil produksi pertanian. Aaerator adalah salah satu alat yang biasa diletakkan pada tangki sump untuk meningkatkan kadar DO didalam air, apabila anda bertani hidroponik di daerah panas, penggunaan aerator tambahan sangat disarankan.

  3. Sebagai lokasi melarutkan campuran nutrisi. apabila anda menggunakan ember atau baskom atau sejenisnya untuk bertani hidroponik, biasanya akan sulit untuk melarutkan nutrisi karena harus dilakukan diluar tangki, karena tidak baik jika konsentrat nutrisi langsung di campur ke dalam tangki/ember anda dan dapat membutuhkan beberapa saat hingga terlarut sempurna, berbeda dengan jika anda menggunakan tangki sump, tangki sump akan menjadi tempat anda melarutkan campuran nutrisi secara sempurna.


Subscribe newsletter earthponic untuk mendapatkan informasi terbaru dari earthponic

Jalan Sedap Malam gg. Gardenia no.15

Denpasar, Bali

Logo earthponic small.png
  • Facebook
  • Instagram

earthponic

education . creation

©Copyright Earthponic 2020 All Rights Reserved.